Jumat, 29 Juli 2016

Nyobain minum Sarsaparilla, Minuman khas Yogyakarta

Sarsaparilla ?
Jujur saya sebelumnya sama sekali tidak tau kalau ada nama minuman sarsaparilla. Sarsaparilla ataupun saparella merupakan minuman yang dihasilkan dari tanaman Sarsaparilla, yang menurut cerita masyarakan Yogyakarta khususnya Sleman dahulunya minuman ini adalah minuman para raja-raja di masanya.

Dari beberapa sumber yang saya baca, katanya minuman ini termasuk langka karena tanaman Sarsaparilla mulai sulit untuk didapatkan dan juga produsen-produsen minuman sarsaparilla mulai banyak yang tutup.
Sarsaparella halal ?
Halal kok hahaha.

Saya dapet minuman ini ketika temen saya abis pulang kampung dari yogyakarta dan saya dikasih oleh-olehnya ini hehe. Dia ngomong " nih gue kasih oleh-oleh beer asal jogja, Sarsaparilla ". Lha saya bingung dong kok dikasih beer hahaha, terus dia ngejelasin panjang lebar yang intinya minumannya halal kok.

Minum sarsaparilla ini enaknya kalau dingin, jadi sebelumnya bisa dimasukin es batu atau di taro dikulkas dulu. Awal-awal nyobain, baunya hmm... seperti bau jamu atau bau obat gitu... dan ketika saya nyoba minum mmm... rasanya seperti ngg... minuman... A*W bukan sih ? hahaha.

Dibilang pahit engga, manis sepet juga engga... Oiya sarsaparilla ini adalah minuman soda ya. 

Sarsaparella yang saya minum ini produsennya adalah Indo Saparella. Kemasan yang digunakan berupa botol kaca yang kalau ngebawanya harus hati-hati kalau engga bisa pecah. Bentuknya seperti... ngg botol jin ya? hahahaha.

Demikianlah review saya mengenai minuman sarsaparella, apabila adaa kesalahan dalam penulisan kata saya mohon maaf dan semoga bermanfaat. 



9 komentar:

  1. Kata mamaku sih rasanya mirip minumannya AW. Bener nggak?

    BalasHapus
  2. lebih ke rotbeer gitu dong rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. kalo maksud mas rootbeer sejenis A*W yg halal ya maksud saya. sebelas duabelas mirip lah rasanya :')

      Hapus
    2. iya maksudnya root beer A*W itu hehe.

      Hapus
  3. waktu gw kerja di cafe ini minuman paling laris, tapi gw ga begitu suka rasanya kayak balsem hahaha
    aneh nya banyak yg suka, eh mungkin lidah gw yg aneh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma lidah mas aja kok yang ngerasa aneh waktu minum ini, lidah saya juga hahahaha. tapi balsem ? pernah makan balsemkah sampe tau rasanya mirip balsem ^_^v

      Hapus
    2. Ia pas buka bau balsem wkwk

      Hapus